Kamis, 12 April 2012

Definition Encapsulation for Java

Pada kesempatan ini Saya akan memberikan penjelasan tentang Encapsulation(Enkapsulasi).

Definisi Enkapsulasi : Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah Objek yang terlindungi serta menyediakan Interface untuk mengakses variabel tersebut.

Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
• Information hiding.
• Interface to access data.
 

Information hiding
Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
 

Interface to access data
Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.



Berikut adalah contoh program sederhananya dan Logikanya :


import java.io.*;
Perintah diatas berfungsi sebagai file pustaka untuk penginputan. Dimana segala macam command untuk penginputan dimasukkan kedalam file pustaka tersebut.
public class lingkaran{
Ini adalah method untuk class lingkaran.
      private double radius;
Sebenarnya ini adalah method juga, hanya saja karena memakai fungsi private maka method ini tidak dapat dipanggil.
      public lingkaran(double radius){
                  this.radius=radius;
      }
Ini adalah method lingkaran, dimana dalam method ini nilai dari variabel radius dibaca sebagai tipe data double.
      public void Luas(){
                  double luas= 3.14*radius*radius;
                  System.out.println("Luas lingkaran: "+luas);
      }
Ini adalah method untuk menghitung luas lingkaran. Dimana dalam method ini terdapat operasi luas=3.14*radius*radius. Dan hasil operasi tersebut dibaca sebagai tipe data double. Lalu hasil operasi dicetak dengan command System.out.println.
      public void Keliling(){
                  double keliling= 2.0*3.14*radius;
                  System.out.println("Keliling Lingkaran: "+keliling);
      }
Ini adalah method untuk menghitung keliling dari suatu lingkaran. Operasi dari perhitungan ini adalah 2.0*3.14*radius. Lalu hasilnya disimpan dalam tipe data double dan dicetak dengan command System.out.prinln.
      public static void main(String[]args)throws Exception{
                  DataInputStream dis= new DataInputStream(System.in);
                  System.out.print("input radius: ");
                  String input= dis.readLine();
                  double i= Double.parseDouble(input);
                  lingkaran A= new lingkaran(i);
                  A.Luas();
                  A.Keliling();
      }
}
Ini adalah method utama dari listing program ini. Method ini digunakan untuk melakukan penginputan nilai dari radius (jari-jari). Nilai dari radius dimasukkan kedalam variabel input yang bertipe data string. Lalu nilai radius dikonversi menjadi bertipe data double dan dimasukkan ke dalam variabel I. Selanjutnya program akan membuat sebuat method baru yaitu A, dimana method tersebut digunakan untuk menampilkan hasil dari operasi luas dan keliling lingkaran dengan memanggil method Luas dan Keliling dengan command A.Luas(); dan A.Kelilin();

Tidak ada komentar:

Posting Komentar