Definisi Enkapsulasi : Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah Objek yang terlindungi serta menyediakan Interface untuk mengakses variabel tersebut.
Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
• Information hiding.
• Interface to access data.
Information hiding
Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
Interface to access data
Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.
Berikut adalah contoh program sederhananya dan Logikanya :
import java.io.*;
Perintah diatas
berfungsi sebagai file pustaka untuk penginputan. Dimana segala macam command
untuk penginputan dimasukkan kedalam file pustaka tersebut.
public class lingkaran{
Ini adalah method untuk
class lingkaran.
private double radius;
Sebenarnya ini adalah
method juga, hanya saja karena memakai fungsi private maka method ini tidak
dapat dipanggil.
public lingkaran(double radius){
this.radius=radius;
}
Ini adalah method
lingkaran, dimana dalam method ini nilai dari variabel radius dibaca sebagai
tipe data double.
public void Luas(){
double luas= 3.14*radius*radius;
System.out.println("Luas lingkaran:
"+luas);
}
Ini adalah method untuk
menghitung luas lingkaran. Dimana dalam method ini terdapat operasi
luas=3.14*radius*radius. Dan hasil operasi tersebut dibaca sebagai tipe data
double. Lalu hasil operasi dicetak dengan command System.out.println.
public void Keliling(){
double keliling= 2.0*3.14*radius;
System.out.println("Keliling Lingkaran:
"+keliling);
}
Ini adalah method untuk
menghitung keliling dari suatu lingkaran. Operasi dari perhitungan ini adalah
2.0*3.14*radius. Lalu hasilnya disimpan dalam tipe data double dan dicetak dengan
command System.out.prinln.
public static void main(String[]args)throws Exception{
DataInputStream dis= new
DataInputStream(System.in);
System.out.print("input radius: ");
String input= dis.readLine();
double i= Double.parseDouble(input);
lingkaran A= new lingkaran(i);
A.Luas();
A.Keliling();
}
}
Ini adalah method utama
dari listing program ini. Method ini digunakan untuk melakukan penginputan
nilai dari radius (jari-jari). Nilai dari radius dimasukkan kedalam variabel
input yang bertipe data string. Lalu nilai radius dikonversi menjadi bertipe
data double dan dimasukkan ke dalam variabel I. Selanjutnya program akan
membuat sebuat method baru yaitu A, dimana method tersebut digunakan untuk
menampilkan hasil dari operasi luas dan keliling lingkaran dengan memanggil
method Luas dan Keliling dengan command A.Luas(); dan A.Kelilin();
Tidak ada komentar:
Posting Komentar