A. BEND
Digunakan untuk membengkokkan objek 3 dimensi. langkah – langkahnya yaitu :
- Buatlah sebuah objek Tube dengan ukuran Radius 1 = 20, Radius 2 = 30, dan
- Height = 100.
- Klik select object lalu pilih objek Tube tersebut.
- Pada Command Panel klik tab menu Modifier List, kemudian pilih ikon Bend
- Pada parameters Bend isilah kotak Angle dengan nilai 60.
- Pilih Bend Axis Z.
- Pilih Bend
- Pilih Modifier
Keterangan :
- _ Angle : Sudut pembengkokan terhadap bidang vertikal.
- _ Direction : Arah putar pembengkokan terhadap bidang horizontal.
- _ Bend Axis : Sumbu acuan pembengkokan.
- _ Limits : Batas pengaruh terhadap pembengkokan.
Hasil Dari Proses Bend
Bend Axis = Z
Angle = 60
B. TWIST
Modifier Twist merupakan fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah – langkahnya yaitu :
- Buatlah sebuah objek Box pada Top Viewport dengan parameters Length=40,
- Width=40, dan Height=100.
- Klik select object lalu pilih objek Box tersebut.
- Pada Command Panel klik tab Modify lalu klik menu Modifier List, kemudian
- pilih ikon Twist.
- Objek Box dalam
- keadaan terpilih
- Pilih Twist
- Klik
- Modifier
- List
- Tab Modify
- Ubahlah nilai Angle dari parameters Twist dengan nilai 90 dan Twist Axis Z.
C. EXTRUDE
Modifier Extrude ini hanya berlaku untuk objek 2 dimensi. Dimana modifier
Extrude ini digunakan untuk membuat ketebalan dari objek 2D tersebut.
perintah ini berfungsi untuk memberikan dimensi/volume/ ketebalan pada objek 2D menjadi objek bentuk 3d. proses ekstrusi dilakukan dengan cara menyapu penampang searah garis lurus.Langkah – langkahnya yaitu :
- Buatlah sebuah objek 2 dimensi misalnya objek Text.
- Perhatikan gambar berikut ini.
- Klik tombol Z
- pada Twist Axis
- Ubah Nilai Angle
- menjadi 90
- Klik tab Shapes pada Command Panel, Kemudian klik tombol Text.
- Pada Parameters Text tentukanlah jenis text yang diinginkan, lalu ubah nilai Size
- sesuai dengan kebutuhan, ubah nilai Kerning untuk memberikan spasi pada Text
- tersebut, setelah itu pada kotak Text anda ketikkan Text yang diinginkan.
- Kemudian anda langsung klik pada Front Viewport.
- Klik select object lalu pilih objek Text tersebut.
- Ketikkan Text
- yang diinginkan
- Ubah nilai
- Kerning = 5
- Ubah nilai
- Size = 30
- Klik untuk
- menentukan
- jenis Text-nya
- Klik tombol Text
- Klik Tab Shapes
- pada Command : Panel
- Klik pada tab Modifier List kemudian klik pilihan Extrude.
- Pada parameters Extrude masukkan nilai Amount dengan 15.
- Klik pilihan Extrude
- Klik Modifier List
Tidak ada komentar:
Posting Komentar