Rabu, 28 Maret 2012

Penginputan dengan JOptionPane

/**
* @(#)tugas.java
*
* tugas application
*
* @author DSP
* @version 1.00 2012/3/23
*/

import javax.swing.*;
Command di atas adalah untuk mengimport file pustaka dari javax.swing karena kita akan menggunakan penginputan menggunakan JOptionPane.
public class tugas
{
public static void main(String[]args)
{

Ini adalah paragraf dari sebuah public main class yang mendeklarasikan tentang program ini.
String satu;
String dua;

Dua command di atas berfungsi untuk mendeklarasikan dua variabel, yaitu satu dan dua. Dua variabel tersebut akan digunakan  proses penginputan. Dimana dua variabel tersebut bertipe data string.
satu = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Bilangan Pertama : “);
double angka1 = Integer.parseInt(satu);

Ini adalah command untuk menggunakan penginputan dengan JOptionPane. Command akan memunculkan sebuah window baru dimana kita akan diminta untuk memasukkan sebuah bilangan dimana bilangan tersebut akan bertipe data double lalu akan dikonversikan menjadi tipe data integer dengan command Integer.parseint dan dimasukkan ke dalam variabel satu.
dua = JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Bilangan Kedua : “);
double angka2 = Integer.parseInt(dua);

Ini adalah command untuk menggunakan penginputan dengan JOptionPane. Command akan memunculkan sebuah window baru dimana kita akan diminta untuk memasukkan sebuah bilangan dimana bilangan tersebut akan bertipe data double lalu akan dikonversikan menjadi tipe data integer dengan command Integer.parseint dan dimasukkan ke dalam variabel dua.
String ratarata = “Hasil Rata-Ratanya = ” + ((angka1 + angka2)/2);
JOptionPane.showMessageDialog(null, ratarata);

Ini adalah command yang berfungsi untuk menampilkan hasil perhitungan rata-rata. Variabel yang digunakan disini bernama ratarata dan bertipe data string. Di dalam variabel ini juga dimasukkan operasi yang kita gunakan yaitu (angka1 + angka2)/2. Lalu akan muncul message dialog yang akan menampilkan hasilnya.
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar